Cara Jual Foto di Shutterstock

Shutterstock merupakan media untuk menampung berbagai macam foto dari fotografer-fotografer yang menjual karyanya. Platform ini sudah terkenal di dunia dan berbasis di negara Amerika.

Tentu dengan menjual foto di sini bisa menghasilkan banyak uang. Cara jual foto di Shutterstock pun mudah dilakukan.

Uang yang dihasilkan dalam penjualan foto di shutterstock berbentuk dollar. Selain itu, fotografer harus mempunyai bakat atau bisa berbahasa inggris.

Hal ini karena saat mengupload foto harus disertakan caption bahasa inggris.

Langkah Mudah Menjual Foto di Shutterstock

Adapun berikut langkah cara untuk menjual foto di shutterstock yang mudah diterapkan :

1. Daftar di Web Shutterstock

Daftar shutterstock

Untuk tahap yang paling awal adalah mendaftarkan diri ke web resminya, yaitu https://submit.shutterstock.com/. Setelah berhasil membuka web, pilihlah tulisan get started atau sign up.

Setelah itu, akan disuruh mengisi email dan nama pendaftar. Usahakan isi email pribadi dan nama asli.

Selanjutnya, akan dikirim kode verifikasi lewat email yang sudah didaftarkan. Setelah berhasil verifikasi, lanjut dengan pengisian data diri secara lengkap.

Jangan lupa upload scan KTP atau Paspor jika sudah mempunyai. Cek kembali biodata yang sudah ditulis apakah ada kesalahan atau tidak.

2. Melakukan Pemotretan Objek Foto

Bagi para fotografer yang hendak menjual karyanya, tentu harus melakukan pemotretan terlebih dahulu. Pilihlah objek menarik yang akan di foto.

Usahakan kualitas foto bisa bagus dan maksimal. Lakukan pemotretan satu objek dengan beberapa kali jepretan.

Setelah itu, ganti ke objek berikutnya. Cari tempat foto hingga lima jenis yang berbeda. Setelah semua selesai difoto, cek satu per satu dan pilih mana yang akan di upload dan di jual.

3. Tahap Editing Foto

sumber passionpassport.com

Daya tarik foto akan sangat kuat jika fotografer melakukan proses editing. Biasanya kualitas foto pada kamera biasa saja atau bahkan ada yang kurang terang. Untuk itu, perlu melakukan editing agar hasilnya bisa memuaskan. 

Gunakanlah aplikasi editor yang tepercaya, seperti preset lightroom atau VSCO. Lakukan pemilihan pencahayaan, warna, gelap terang, dan ketajaman yang pas untuk diterapkan di foto tersebut.

4. Menyiapkan File dengan Ukuran yang Sesuai

Fotografer tidak boleh sembarangan melakukan upload foto karena shutterstock mempunyai peraturan tersendiri.

Untuk ukuran file yang bisa di upload adalah minimal 4 megapiksel. Jika di bawah ukuran tersebut, maka foto tidak bisa diunggah ke situs web.

Selain itu, perhatikan tingkat kefokusan foto atau ketajaman foto. Apabila foto blur atau tidak jelas, maka akan ditolak oleh pihak shutterstock.

5. Upload Foto di Web

Upload foto di shutterstock

Langkah cara jual foto di shutterstock selanjutnya adalah tahap untuk memposting foto.

Caranya cukup mudah, pilihlah menu upload files lalu klik dan akan muncul format untuk upload foto. Setelah itu, masukkan foto yang akan diunggah ke website.

Pastikan ukuran foto sudah sesuai ketentuan agar bisa untuk diposting dan tidak ditolak. Setelah foto dimasukkan, klik bagian upload dan tunggu beberapa saat sampai foto akan terposting.

6. Memberi Judul atau Caption di Unggahan Foto

Berikan keterangan atau caption yang menarik pada unggahan foto. Bahasa yang digunakan haruslah bahasa inggris. Selain bahasa tersebut tidak bisa dan akan ditolak.

Bahasa yang digunakan pun harus jelas sesuai kaidah kebahasaan agar orang yang melihat mengerti maksud yang ditulis. Jika penggunaan bahasa tidak tepat, maka pihak shutterstock tidak akan menerima karya fotografer tersebut.

Demikianlah urutan langkah cara jual foto di shutterstock yang perlu diperhatikan. Asah kemampuan berbahasa inggris agar mudah untuk diterima pihak shutterstock. Di samping itu, kembangkan juga skill editing agar foto terlihat bagus dan berkualitas.

Tinggalkan komentar