Cara Input Resi Dropship Terbaru 2021 + Trik Agar Tidak Rugi

Cara Input Resi Dropship
Ingin jadi dropshipper? Tunggu dulu! Yuk, pelajari cara input resi dropship serta triknya agar tidak rugi! Klik di sini info lengkapnya!

Thecronutproject.com – Input resi adalah salah satu aktivitas rutin yang wajib kamu lakukan sebagai dropshipper. Jika tidak input resi, kita tidak akan bisa mengklaim pembayaran ke marketplace. Masalahnya sejak adanya sistem cashless, cara input resi dropship jadi makin sulit.

Tapi tenang, di bawah ini ada trik dan cara input resi terbaru yang bisa kamu lakukan.

Perbedaan Dropship Resi Otomatis dan Manual

Kalau kamu baru terjun sebagai dropshipper, kamu akan menemui dua jenis resi, yaitu resi otomatis dan resi manual.

Seperti namanya, dropship resi otomatis akan dibuatkan langsung oleh sistem marketplace. Dalam resi otomatis, nomor checkout konsumen akan langsung tertera di resi saat kamu mencetaknya.

Sementara itu, resi manual adalah resi yang di dalamnya belum tercantum nomor checkout. Alhasil, kamu bisa menulis nomor checkout konsumen dengan tangan sebelum mengirimnya ke jasa pengiriman.

Kelemahan Resi Otomatis Bagi Dropshipper

Kalau dilihat dari segi kemudahan, resi otomatis jelas lebih mudah dan sederhana. Namun bagi dropshipper, resi otomatis merupakan sebuah masalah besar. Selengkapnya tentang kelemahan resi otomatis bagi dropshipper adalah sebagai berikut.

1. Tidak Bisa Internal Dropshipping

Resi otomatis adalah malapetaka, terutama kalau kamu juga membeli barang dari agen via marketplace.

Saat ini, mayoritas marketplace melarang adanya internal dropshipping, yaitu kondisi ketika supplier dan dropshipper-nya ada di satu platform sama.

Jika ingin melakukan dropshipping di marketplace, Anda harus melakukan checkout melalui marketplace lain atau website supplier langsung. 

2. Potensi Tinggi Adanya Resi Ganda

Kelemahan resi otomatis satu ini masih berkaitan dengan poin sebelumnya. Saat masih bisa pakai resi manual, kamu dapat menyimpan resi invoice dan meminta supplier menuliskan resi tersebut di atas invoice tercetak.

Namun sejak adanya resi otomatis, kamu tidak dapat meminta supplier mengganti resi, karena ini berpotensi merugikan diri mereka sendiri.

Jika cara input resi dropship-mu tidak benar, kamu bukan hanya akan merugikan diri sendiri, tapi juga supplier-mu.

3. Permasalahan Saat Input Resi

Masalah berikutnya yang timbul dari resi otomatis adalah sulitnya proses input resi dropship.

Saat barang pesanan konsumen dikirim dengan resi otomatis dari supplier, marketplace akan menaruh pelacakan ke resi tersebut, bukan resi-mu (karena kamu dianggap tidak melakukan pengiriman barang).

Alhasil, kamu tidak bisa mengakui pengiriman barang tersebut, sehingga transaksi akan dibatalkan meski konsumen menerima barang.

Baca juga: Cara Mencari Supplier Dropship Yang Tepat

Cara Input Resi Dropship

Membuka bisnis dropship adalah tantangan tersendiri, tapi dengan ketekunan dan kecerdikan, kamu pasti bisa menjadi dropshipper sukses. Agar tidak kena masalah resi otomatis, coba lakukan trik-trik cara input resi dropship di bawah ini.

1. Cari Supplier yang Bisa Dijangkau Secara Offline

Trik pertama yang bisa kamu coba adalah dengan mencari supplier yang bisa dijangkau secara offline. Agar lebih mudah komunikasinya, sebaiknya cari supplier satu daerah yang dapat dikunjungi kapan saja.

Selain untuk mempermudah komunikasi, supplier yang dekat akan membantumu beli barang. Akhirnya kamu bisa melakukan pengemasan barang sendiri.

2. Lakukan Checkout Barang Supplier Via Jalur Lain

Saat ini, banyak supplier sudah punya website sendiri untuk menjual barang. Agar tidak kesulitan karena resi otomatis, kamu bisa checkout barang dari channel tersebut.

Begitu pesanan dari konsumen masuk ke lapak di marketplace, kamu bisa langsung visit website supplier dan melakukan pembelian di sana. Dengan demikian, kamu dapat menghindari terjadinya resi ganda.

3. Pilih Jasa Pengiriman yang Menerima Resi Manual

Cara mengatasi resi otomatis berikutnya adalah dengan memilih jasa pengiriman yang menerima input resi manual. Beberapa jasa kirim paket yang masih melayani resi manual adalah POS, Tiki, dan Wahana Express.

Saat melakukan checkout di marketplace supplier, kamu bisa memilih salah satu dari tiga jasa kirim paket di atas untuk mengirim barang. Setelah itu, kontak Customer Care dari jasa paket pilihanmu dan minta bantuan menuliskan resi pesanan dari konsumen secara manual ke invoice tercetak.

Baca juga: Cara Meningkatkan Penjualan di Shopee

Itulah panduan cara input resi dropship dan trik mengakali resi otomatis yang bisa kamu coba. Bagaimanapun, mencari supplier dari daerah terdekat adalah cara mengatasi resi otomatis terbaik, sehingga coba luangkan waktu untuk mencarinya.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Cara Menghitung Profit
Read More

Cara Menghitung Profit

Thecronutproject.com – Hampir setiap orang yang membuka usaha tentu akan mencari keuntungan atau profit dari usaha yang dikelolanya.…