Cara Endorse di Instagram

Thecronutproject.com – Endorsement semakin marak digunakan sebagai salah satu strategi promosi seiring berkembangnya media sosial. Instagram menjadi media sosial yang paling sering digunakan untuk endorse.

Cara endorse di Instagram ini diklaim paling ampuh menumbuhkan brand awareness dan meningkatkan penjualan.

Dulu, endorsement selalu dilakukan oleh public figure atau tokoh yang dianggap punya pengaruh besar di masyarakat. Misalnya saja Michael Jackson yang mengendorse Pepsi.

Tapi sekarang rupanya tidak melulu seperti itu, setiap orang yang punya banyak follower di Instagram dan aktif bisa jadi endorser. Lalu, bagaimana cara endorse di Instagram yang benar agar tepat sasaran? Simak cara-cara berikut ini:

1. Cek Budget Sebelum Endorse di Instagram

Endorsement memang salah satu cara promosi yang memiliki impact besar terhadap brand awareness. Namun, endorse saat ini jarang yang tidak berbayar.

Dulu, endorsement bisa dilakukan dengan mengirimkan produk ke endorser untuk dilakukan endorse. Sekarang, endorser mematok harga yang tidak murah.

Oleh karena itu, jika usaha masih baru dan budget pemasaran atau promosi masih terbatas, urungkan niat untuk melakukan endorse.

Lebih baik meningkatkan target follower dengan cara-cara organik seperti rajin posting konten berbobot, penggunaan hashtag yang tepat, posting pada waktu yang tepat, dan juga teknik-teknik posting konten lainnya.

2. Pilih Profil Selebgram yang Tepat

Selebgram yang dipilih untuk mengendorse produk harus bisa merepresentasikan sebuah produk. Misalnya, untuk produk bisnis laundry sepatu, bisa dipilih selebgram yang suka mengoleksi sneakers.

Sebaliknya, jika menjual produk kosmetik, pilih selebgram yang sering membuat tutorial make up.

Selain itu, pribadi selebgram juga bisa mempengaruhi pendapat follower atau calon konsumen. Selebgram yang sering bertingkah atau berbicara sesuatu yang kontroversial lebih baik dihindari.

Apalagi yang sering menjadi sumber gossip miring. Konsumen tidak akan percaya apa yang diutarakan dari selebgram jenis ini walaupun followernya banyak.

3. Lakukan Riset Jumlah Follower dan Like

Engagement pada akun selebgram adalah faktor penting yang harus diperhatikan ketika menentukan endorser.

Seperti telah disinggung di atas bahwa jumlah follower tidak serta merta mencerminkan engagement. Untuk itu, periksa jumlah like-nya juga.

Misalnya, seorang selebgram memiliki follower sebanyak 100 ribu, tapi jumlah like hanya 1000 saja. Tentu ini bukanlah engagement yang baik.

Sebaliknya, ada selebgram yang followersnya hanya 50 ribu tapi jumlah like nya mencapai 5000 dan komentarnya sampai ribuan pula. Tentu yang kedua ini lebih tepat untuk dipilih.

4. Cek Audience dari Selebgram

Audience selebgram juga menentukan efektif program endorsement yang dijalankan.

Carilah selebgram yang audience-nya sesuai dengan produk yang akan di endorse. Tujuannya adalah agar program promosi melalui endorsement bisa tepat sasaran.

5. Cek Cara Selebgram Mengendorse

Selebgram yang baik akan memperhatikan kualitas video, foto, dan juga caption ketika mengendorse produk. Kualitas konten yang baik selain berpengaruh positif terhadap produk tapi juga kepada selebgram itu sendiri.

Namun, beberapa selebgram juga ada yang kurang memperhatikan kualitas konten. Untuk itu, lihat postingan dari para selebgram dan pilihlah yang paling “niat” dalam membuat konten. Baik itu dari kualitas video atau foto tapi juga soal konsepnya. Semakin unik tentu semakin menarik.

Penting juga bagi kita yang ingin endorse di Instagram harus paham cara membuat iklan yang menarik minat audiens.

Nah, itulah tadi beberapa cara endorse di Instagram yang bisa dikulik oleh para pemula. Ingat, endorsement ada biayanya. Oleh karena itu, siapkan budget khusus untuk promosi yang satu ini. Kalkulasikan dengan tepat agar biaya yang sudah dikeluarkan sebanding dengan pemasukan.

Tinggalkan komentar