Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa

bisnis yang cocok untuk mahasiswa
Masih kuliah tapi ingin punya usaha sampingan? Berikut ini beberapa bisnis yang cocok untuk mahasiswa. Ide usaha untuk mahasiswa ini sangat cocok untuk pemula.

Thecronutproject.com – Masih kuliah tapi ingin punya bisnis sendiri? Berikut ini beberapa bisnis yang cocok untuk mahasiswa. Ide usaha untuk mahasiswa ini sangat cocok untuk pemula.

Kini, mahasiswa dituntut untuk lebih mandiri dalam hal finansial dan tidak mengandalkan harta orang tuanya. Tidak hanya kuliah dan berorganisasi, seorang mahasiswa juga harus mempersiapkan diri untuk terjun ke dunia karir. Untuk itu, tidak ada salahnya seseorang belajar bisnis yang cocok untuk mahasiswa.

Masa-masa kuliah menjadi waktu yang sangat tepat bagi untuk memulai bisnis. Pasalnya, pada masa-masa ini, beban keuangan seseorang belum terlalu berat. Selain menambah uang jajan, memulai bisnis sejak dini juga dapat dijadikan sebagai modal pengalaman saat nanti lulus kuliah.

Dalam menjalankan suatu bisnis, seorang mahasiswa harus pandai mencari peluang dan memanfaatkannya.

5 Bisnis yang Cocok Untuk Mahasiswa

Berikut ini beberapa bisnis yang cocok untuk mahasiswa semua jurusan:

1. Bisnis Toko Online

Cara mencari supplier dropship

Di era serba digital ini, peluang bisnis online bagi mahasiswa sangat terbuka lebar. Mahasiswa dapat menjual berbagai produk, mulai dari makanan, baju, aksesoris, sepatu, hingga pernak-pernik lainnya. Bisnis ini dapat dimulai dengan menargetkan teman-teman kampus, kemudian perluas jaringan pemasaran toko online.

Pemasaran bisnis toko online ini juga sangat mudah. Mahasiswa dapat memanfaatkan perkembangan teknologi. Kini, hampir semua kegiatan pemasaran dilakukan secara online melalui internet.

Seorang mahasiswa dapat melakukan pemasaran melalui marketplace, seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, BliBli, dan lain sebagainya. Selain itu, mahasiswa juga dapat mempromosikan produknya lewat website. Untuk pembuatan website toko online, mahasiswa dapat menyewa jasa pembuatan website dengan tarif yang terjangkau.

Tak hanya marketplace atau website, mahasiswa juga dapat menggencarkan promosi lewat media sosial. Media sosial yang paling banyak digunakan untuk promosi adalah Instagram, Facebook, dan Twitter. Saat ini, media sosial juga menyediakan fitur beriklan untuk mempercepat pertumbuhan bisnis.

Ingin tahu cara jualan di marketplace tanpa stok barang? Baca di artikel cara jualan di shopee tanpa stok barang

Jika tidak memiliki modal yang banyak, seorang mahasiswa dapat menjual produk orang lain dengan sistem dropship atau reseller. Meskipun modalnya sedikit, tapi keuntungan yang dihasilkan cukup banyak. Tentu saja hasilnya akan sangat bergantung pada kemampuan pemasaran dan promosi mahasiswa.

2. Bisnis Pulsa Elektrik

Usaha konter pulsa dan kuota

Salah satu bisnis yang cocok untuk mahasiswa di jaman sekarang ini adalah bisnis pulsa elektrik. Pasalnya, bisnis ini tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Bila dijalankan dengan tekun dan dikelola dengan baik, keuntungan yang akan didapat juga terbilang lumayan.

Untuk memulainya, mahasiswa dapat membeli pulsa dengan nominal yang kecil. Setelah itu, tawarkan kepada keluarga dan teman-teman kampus. Setiap penjualan pulsa elektrik, seorang mahasiswa dapat meraup keuntungan mulai dari Rp500 hingga Rp1.500.

Di era serba digital ini, semua orang pasti membutuhkan pulsa untuk membeli paket data, sehingga target pasarnya terbilang sangat luas. Layaknya bisnis lainnya, bisnis pulsa elektrik ini juga memiliki resiko. Mahasiswa harus mempersiapkan diri untuk menghadapi orang-orang yang berhutang, khususnya keluarga atau teman dekat.

Keuntungan jual pulsa lumayan loh. Penjelasannya ada di artikel rincian modal usaha konter pulsa dan kuota

Untuk mengantisipasi kerugian, mahasiswa harus bersikap lebih tegas. Bersiaplah untuk melakukan penagihan atas biaya pulsa elektrik yang dibeli.

3. Bisnis Makanan Ringan

Usaha makanan ringan

Bisnis yang cocok untuk mahasiswa selanjutnya adalah menjual makanan ringan. Banyak orang yang menyukai makanan ringan atau camilan, sehingga pangsa pasarnya luas. Makanan ringan dibutuhkan setiap orang untuk mengganjal perut dari rasa lapar ditengah kesibukan aktivitas.

Untuk memulainya, mahasiswa dapat berjualan makanan ringan di kampus. Tentu saja target pembelinya adalah teman-teman kampus yang malas ke kantin. Mahasiswa dapat menjual aneka makanan ringan, seperti kue kering, snack, kue basah, hingga air mineral.

4. Jasa Les Privat

Les privat

Tidak hanya mengandalkan tenaga, seorang mahasiswa juga dapat membuka bisnis dengan mengandalkan kemampuan akademiknya. Bila merasa percaya diri dan mampu mengajar orang lain, tak ada salahnya bagi mahasiswa untuk membuka bisnis les privat.

Bisnis ini tidak membutuhkan modal sama sekali. Kemampuan akademik dan kesabaran dalam mengajar menjadi kunci kesuksesan bisnis ini. Kegiatan les privat dapat dilangsungkan di rumah mahasiswa atau rumah murid les. Mahasiswa juga dapat menambahkan biaya transportasi ke dalam tarif les privat.

Saat ini, tarif les privat anak SD hingga SMA berkisar antara Rp50.000-Rp200.000 untuk satu kali pertemuan. Bila memiliki waktu luang yang cukup banyak, mahasiswa juga dapat mengajar beberapa murid.

Seiring dengan perkembangan teknologi, mahasiswa juga dapat membuka jasa les privat secara online dan mengajar melalui media digital.

Bila ditekuni dan dijalankan dengan sungguh-sungguh, bisnis ini dapat menghasilkan uang yang sangat banyak. Bahkan, penghasilannya bisa lebih tinggi dari pekerja kantoran.

5. Jual Barang Bekas

Ternyata, barang bekas tidak dapat diremehkan. Kini, barang bekas yang dianggap tidak bernilai dapat dijual kepada orang lain yang membutuhkan. Daripada barang bekas hanya dibiarkan tak terurus di gudang rumah, lebih baik mahasiswa menjualnya saja.

Ada banyak sekali barang bekas yang dapat dijual, mulai dari majalah, koran, benda dapur, kursi, baju, dan lain sebagainya. Barang bekas dapat ditawarkan ke tukang loak.

Untuk menghemat waktu dan tenaga, mahasiswa juga dapat menawarkan barang bekas lewat website pemasang iklan. Saat ini, banyak website yang menyediakan layanan iklan jual beli untuk barang bekas.

Itulah beberapa bisnis yang cocok untuk mahasiswa segala jurusan. Meskipun bisnis dijalankan sambil berkuliah, tapi mahasiswa harus mampu membagi waktu dengan baik agar hasilnya tetap maksimal.

Baca juga: Usaha Modal Kecil Untuk Fresh Graduate

Memulai bisnis sejak duduk di bangku kuliah akan mempersiapkan mental, fisik, dan pengalaman mahasiswa sebelum terjun ke dunia kerja yang sesungguhnya.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Usaha konter pulsa dan kuota
Read More

Usaha Konter Pulsa Dan Kuota

Ingin buka usaha konter pulsa dan kuota tapi masih bingung berapa modal yang dikeluarkan? Simak rincian modal dan cara usaha konter pulsa dan kuota berikut ini.
Peluang Bisnis Kuliner Rumahan
Read More

Peluang Bisnis Kuliner Rumahan

Bagi ibu rumah tangga yang berkeinginan membantu perekonomian keluarga, bisnis kuliner rumahan adalah solusinya. Meninjau peluang bisnis kuliner rumahan.
Usaha makanan ringan serba 2000
Read More

Usaha Makanan Ringan Serba 2000

Rekomendasi usaha makanan ringan serba 2000 ini wajib kalian contoh. Dengan modal yang cukup terjangkau, tapi usaha makanan ringan ini sangat menguntungkan.