8 Contoh Bisnis Anak Muda di Jepang yang Menguntungkan

bisnis anak muda di Jepang
Tinggal di jepang dan ingin membuka usaha? Berikut beberapa contoh bisnis anak muda di Jepang yang menguntungkan.

Masih muda tapi ingin punya bisnis? Bisa, lho! Di ulasan kali ini, kita akan melihat bagaimana bisnis anak muda di Jepang.

Berdasarkan hasil riset dari KemenKopUKM, di negara maju seperti Jepang jumlah pengusaha sudah mencapai 11% dari populasi. Yang mana sebagian yang menjadi pengusaha adalah anak muda.

“Jangan ragu untuk membuka usaha karena masih muda. Kesuksesan suatu usaha tidak bergantung pada usia pemiliknya.”

Buat kamu yang memiliki keinginan kuat untuk membuka bisnis yang menjanjikan tapi masih bingung memilih usaha apa, berikut daftar ide bisnis anak muda Jepang yang bisa kamu adaptasi.

Daftar Ide Bisnis Anak Muda di Jepang

Jepang memang terkenal sebagai negara yang maju, unggul dalam teknologi, dan memiliki kreativitas serta produktivitas yang tinggi. Dalam hal ini, kamu bisa mengambil ide kreatif bagaimana bisnis anak muda di Jepang.

1. Jual telur rebus dalam kemasan

bisnis anak muda yang menjanjikan

Tak hanya memunculkan sesuatu yang baru dan kreatif, mereka juga membuat segala sesuatunya jadi lebih praktis. Mereka berinovasi untuk menjual telur rebus dalam kemasan.

Telur yang dijual adalah telur rebus yang sudah dikupas. Kemudian, telur tersebut dimasukkan ke dalam kemasan yang dibuat semenarik mungkin. 

Bisnis anak muda milenial ini sangat menguntungkan, terlebih bagi mereka yang sedang buru-buru dan tidak punya banyak waktu untuk makan. Makan telur rebus bisa menjadi pilihan apalagi mereka tak perlu mengupasnya terlebih dahulu.

Baca juga: Cara Menawarkan Dagangan Telur Dengan Mudah

Apa keuntungan bisnis unik Jepang yang satu ini?

  • Praktis;
  • Telur memiliki kandungan protein yang tinggi, sehingga baik untuk kesehatan;
  • Cocok untuk masyarakat yang tidak punya banyak waktu untuk sekadar rebus telur atau sedang menjalankan program diet rendah karbo;
  • Masih jarang di Indonesia.

Bagaimana? Apakah tertarik dengan bisnis anak muda di Jepang ini? Inovasi yang masih belum banyak di Indonesia, nih!

2. Buka resto dengan konsep vending machine

Bisnis anak muda milenial

Baik di Indonesia maupun di Jepang, bisnis kuliner tetap memberikan prospek yang menjanjikan. Namun, persaingan bisnis ini juga cukup tinggi. 

Guna menghadirkan inovasi baru, bisnis anak muda di Jepang menghadirkan konsep resto dengan vending machine.

Dengan konsep ini, pembeli tidak perlu lagi memesan makanan lewat kasir atau waitress. Pesan makanan jauh lebih praktis melalui vending machine. Kamu juga tak perlu mengeluarkan budget untuk membayar kasir. 

Cukup menguntungkan, bukan? Lantas, bagaimana konsep penggunaan vending machine dalam bisnis di Jepang ini?

Nantinya, mesin vending machine akan diletakkan di depan resto. Pembeli akan memilih menu dari mesin dan melakukan pembayaran. Selanjutnya tinggal menunggu pesanan jadi dan diantar.

3. Berinovasi dengan bisnis es batu dalam kemasan

bisnis unik Jepang

Tak hanya membuat inovasi jual telur rebus dalam kemasan, bisnis anak muda di Jepang juga menghadirkan inovasi unik lainnya, yaitu bisnis es batu dalam kemasan.

Bagaimana konsep jualan di Jepang yang satu ini?

Pada dasarnya, konsep bisnis ini tidak jauh berbeda dengan bisnis es batu pada umumnya. Yang membedakan hanya pengemasannya. Di sini, es batu sudah dipecah menjadi lebih kecil dan dikemas dalam cup.

Ini tentu akan lebih memudahkan pembeli. Pembeli bisa minum es di mana saja tanpa perlu repot memecah es batu terlebih dahulu. Cukup tuangkan es batu dalam minuman yang mereka pesan atau masukkan minuman ke dalam cup es batu.

Jika kamu tertarik mengadopsi bisnis anak muda di Jepang ini, percaya deh kamu tidak akan kehilangan pembeli. Terlebih lagi penjual minuman segar dalam kemasan kini semakin banyak.

4. Jual mie cup lengkap dengan air panasnya

bisnis di Jepang

Pecinta mie instan yang banyak membuat bisnis ini tidak akan redup. Ini yang kemudian diinovasi oleh bisnis anak muda di Jepang dengan menghadirkan air panas di tempat.

Dengan inovasi ini, pembeli bisa langsung menyeduh mie dan menikmatinya langsung di tempat.

Bisnis anak muda di luar negeri ini cocok bagi kamu yang sebelumnya sudah memiliki toko. Lengkapi toko kamu dengan air panas dan sediakan tempat duduk sederhana di pinggir.

5. Sedia semprotan pendingin

jualan di Jepang

Dengan udara yang panas, bisnis di Jepang menghadirkan inovasi produk semprotan pendingin. Produk ini sangat cocok untuk menghalau cuaca panas.

Produk semprotan pendingin ini berbentuk gel atau busa. Saat produk ini disemprot, maka udara di sekitarnya akan sejuk dalam waktu beberapa jam lamanya. Jika diaplikasikan ke kulit akan terasa seperti soda dingin.

Tentu bisnis anak muda di Jepang ini bisa diadaptasi dan dikembangkan di Indonesia yang juga merupakan negara tropis.

Baca juga: Contoh Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing 2022

6. Cintai lingkungan dengan membuka bisnis barang bekas

Bisnis anak muda di luar negeri

Meski sudah menjadi salah satu negara maju, masyarakat Jepang banyak yang menyukai barang bekas. Ini yang kemudian ditangkap dan dijadikan sebagai ide bisnis.

Jika bisnis ini diadaptasi di Indonesia tentu berpeluang bagus. Selain minim modal, bisnis seperti ini juga mampu mengurangi sampah. Masyarakat pun sudah mulai aware dengan bisnis semacam ini, terlebih setelah usaha thrift sudah mulai ramai. 

Barang bekas yang bisa kamu jual bisa terdiri dari berbagai macam. Kamu bisa membuka bisnis barang bekas untuk:

  • Barang-barang elektronik;
  • Fashion;
  • Sepatu;
  • Tas;
  • Barang-barang kebutuhan bayi;
  • Peralatan rumah tangga, dan masih banyak lagi.

Jika kamu tertarik memulai bisnis ini, pilih jenis barang bekas yang ingin kamu jual. Kemudian, lakukan branding dan promosi di semua media sosial. Jangan lupa untuk selalu memberikan pelayanan terbaik agar pelanggan tidak kecewa.

7. Buka bisnis kuliner khas Jepang

bisnis anak muda jangka panjang

Kuliner di Jepang memang bervariasi dan banyak keunggulan. Ini yang membuat bisnis kuliner di Jepang ada banyak macamnya. Tentu saja ini  memberi kesempatan yang baik untuk para pebisnis untuk membuka bisnis kuliner.

Kamu juga bisa membuka bisnis anak muda di Jepang ini di Indonesia. Peminat kuliner di indonesia juga tidak sedikit yang tentu saja membuat prospek bisnis ini cukup menjanjikan.

Kamu bahkan bisa menjadikan bisnis ini sebagai street food atau restoran mewah. Adapun pilihan makanan khas Jepang yang bisa kamu pilih di antaranya:

  • Bento set,
  • Sushi,
  • Sashimi,
  • Soba,
  • Ramen,
  • Takoyaki,
  • Kakigori,
  • Okonomiyaki,
  • Yakitori,
  • Dorayaki,
  • Ringo Ame,

Bagaimana? Apakah kamu tertarik dengan salah satu contoh usaha makanan yang laku setiap hari ini?

8. Sedia bibit dan bunga sakura

usaha anak muda di internet

Bisa dibilang, bunga sakura menjadi identitas dari negara Jepang. Inilah mengapa negara Jepang juga terkenal sebagai negeri sakura.

Identitas inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh anak muda untuk menjual bibit dan bunga sakura kecil ke negara lain. Kamu bisa mengadopsi ide ini dan mulai menjual bibit serta pohonnya di Indonesia.

Selain memiliki pohon yang indah, bunga sakura juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan, yaitu: 

  • Mengatasi kulit iritasi dan sunburn
  • Melindungi kulit dari radikal bebas, 
  • Melembabkan wajah, 
  • Sebagai anti aging.

Di Indonesia sendiri baru ada 5 kota yang ditumbuhi bunga sakura, yaitu Waingapu (Sumba Timur), Batam (Kep. Riau), Karangasem (Bali), Cibodas (Jawa Barat), dan Karanganyar (Jawa Tengah). 

Tentu ini akan menjadi peluang yang bagus jika kamu mau mencoba bisnis anak muda di Jepang yang satu ini.

Jika kamu ingin mencoba memulai bisnis yang sedikit berbeda dari yang lain, kamu bisa memilih salah satu bisnis anak muda di Jepang di atas. Ambil ide bisnisnya, lalu modifikasi dan sesuaikan dengan konsep bisnis dan target pasarmu.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like