9 Rekomendasi Aplikasi Perekam Layar Laptop Terbaik

Aplikasi Perekam Layar Laptop
Saat ini ada cukup banyak aplikasi perekam layar laptop dan PC yang bisa diandalkan. Ini rekomendasi aplikasi screen recorder terbaik untuk laptop.

Thecronutproject.com – Saat ini, aplikasi perekam layar laptop merupakan salah satu software yang cukup banyak digunakan, terutama oleh mereka yang berkecimpung dalam dunia kreasi konten. Di mana aplikasi perekam layar banyak dimunculkan guna menunjang pembuatan konten yang lebih menarik.

Tidak hanya itu, beberapa kalangan yang membuat video tutorial, merekam game, membuat sebuah presentasi atau lainnya juga memerlukan aplikasi ini untuk menunjang keperluan mereka.

Saat ini ada cukup banyak aplikasi perekam layar yang bisa diandalkan untuk digunakan pada laptop kamu. Tentu, setiap aplikasi tersebut hadir dengan keunggulan masing-masing yang bisa diselaraskan dengan kebutuhan kamu.

Nah, jika kamu sedang mencari aplikasi perekam layar laptop, di bawah ini beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa digunakan. Simak ulasannya!

Aplikasi Perekam Layar Laptop

Seperti yang disinggung di awal, ada cukup banyak aplikasi perekam layar laptop yang kini tersedia, baik gratis maupun aplikasi berbayar. Adapun beberapa pilihan aplikasi tersebut diantaranya adalah:

1. Screenpresso

Aplikasi perekam layar laptop pertama yang bisa dijadikan pilihan tepat bagi para YouTuber adalah Screenpresso. Aplikasi yang satu ini hadir dengan dua pilihan mode, yakni mode premium dan juga mode gratis. Tentu saja, mode premium akan memberikan fitur yang lebih lengkap karena berbayar.

Nah, kamu yang tidak ingin mengeluarkan biaya lebih bisa menggunakan mode software gratis. Meskipun gratis, fitur yang disediakan Screenpresso juga cukup lengkap, termasuk tidak adanya watermark pada hasil rekaman layar.

Selain itu, Screenpresso juga memiliki fitur menarik lain seperti fitur share untuk membagikan hasil rekaman. Ada pula fitur sortir, workspace dan library di dalamnya. 

2. Bandicam Screen Recorder

Bandicam merupakan aplikasi screen recorder paling populer untuk merekam dalam framerate dan bitrate yang tinggi.

Tidak hanya itu, aplikasi perekam layar laptop dan PC ini mampu kamu gunakan dalam merekam video hingga kualitas 4K UltraHD.

Dengan kualitas tersebut tidak membuat hasil rekaman menjadi besar, sehingga ukuran file hasil rekaman akan lebih kecil dibanding aplikasi perekam layar kebanyakan.

Namun pada versi gratis, kamu akan mendapatkan watermark yang bakal menempel di hasil rekaman. Jika ingin tidak ada WM di hasil rekaman tadi, harus upgrade aplikasi menjadi pro.

3. VideoProc

Aplikasi kedua yang bisa diandalkan untuk merekam layar laptop adalah VideoProc. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa merekam layar dengan cukup gampang baik pada perangkat dengan OS Windows ataupun Mac. 

Tidak hanya itu, VideoProc pun cukup bisa diandalkan untuk beragam kebutuhan lainnya, seperti webinar, live streaming, meeting online, video YouTube, Skype dan lainnya. 

Alasan lain kenapa VideoProc cukup banyak digunakan yaitu karena software satu ini bisa memberikan rekaman video yang cukup stabil. Bahkan, VideoProc pun hanya memerlukan kinerja GPU yang rendah karena VideoProc memiliki teknologi akselerasi GPU di dalamnya. 

Nah, dengan menggunakan VideoProc, kamu bisa menentukan detail rekaman yang diinginkan, entah itu layar penuh ataupun setengah layar. Sangat menarik, bukan?

4. HitPaw Screen Recorder

HitPaw Screen Recorder juga bisa dijadikan pilihan yang cukup menarik. Aplikasi perekam layar laptop yang satu ini terbilang cukup ramah untuk digunakan oleh pemula karena memiliki desain UI yang sederhana dan juga praktis.

Selain itu, HitPaw Screen Recorder juga memiliki beragam fitur menarik yang bisa dimanfaatkan, khususnya untuk keperluan lainnya seperti live streaming, webinar, presentasi dan lainnya. Bahkan, ada fitur unggulan seperti zoom recording yang bisa memudahkan kamu untuk merekam keseluruhan layar atau sebagian layar saja.

Hal menarik lain dari HitPaw Screen Recorder adalah kamu juga bisa menyesuaikan resolusi rekaman sesuai dengan keinginan.

Hanya saja, jika kamu menggunakan versi gratis, maka ada watermark yang muncul pada hasil perekaman layar tersebut. Di mana watermark tersebut hanya bisa dihilangkann dengan cara upgrade ke versi premium berbayar.

5. iMyFone Filme Video Editor

iMyFone Filme Video Editor merupakan software yang bisa dikatakan sebagai “paket lengkap”. Ya, selain sebagai aplikasi perekam layar laptop, iMyFone Filme Video Editor juga merupakan sebuah software editing video dengan fitur cukup lengkap.

Nah, dengan menggunakan software ini, kamu bisa merekam layar dengan sangat mudah. Bahkan, kamu pun bisa menentukan bagian layar mana yang hendak direkam dan disimpan dalam bentuk video.

Hal menarik lainnya dari aplikasi iMyFone Filme Video Editor adalah kemudahan dalam proses editing video. Kamu akan menemukan mode fast video mode. Berbekal fitur ini, kamu bisa melakukan editing video dengan mudah menggunakan beragam template yang disediakan dengan satu klik saja.

Baca juga: 8 Rekomendasi Laptop 5 Jutaan Terbaik (Update Harga 2022)

6. Open Broadcaster Software

Pilihan aplikasi perekam layar lainnya yang mudah digunakan untuk berbagai perangkat laptop adalah Open Broadcaster Software. Banyak kalangan mengatakan bahwa software ini merupakan salah satu yang terbaik, terutama karena tidak adanya watermark yang akan muncul. 

Perlu diketahui, Open Broadcaster Software merupakan software yang bersifat open source dan juga multiplatform. Oleh karenanya, kamu bisa mengembangkan software ini dan menggunakannya untuk berbagai platform yang berbeda, baik di Windows, OSX, ataupun juga Linux.

Open Broadcaster Software hadir dengan tampilan muka yang sederhana sehingga cukup mudah digunakan. Bahkan, aplikasi ini menyediakan banyak pilihan kualitas video rekaman, mulai dari HD, FLV dan lainnya. 

7. TinyTake

TinyTake dikembangkan oleh Mango Apps dan menjadi salah satu pilihan aplikasi perekam layar yang menarik untuk dicoba. Tentu saja, aplikasi yang satu ini bisa digunakan tanpa biaya alias gratis!

Meskipun merupakan aplikasi versi gratis, TinyTake hadir dengan beragam fitur yang sangat menarik. Misalnya saja, ada fitur yang memudahkan kamu untuk merekam seluruh layar laptop atau memilih sebagian area saja. Selain itu, ada beragam fitur penting lainnya seperti anotasi, zoom in, zoom out dan lainnya.

Sayangnya, proses perekaman video dengan TinyTake versi gratis hanya bisa dilakukan maksimal 5 menit. Sedangkan jika kamu menggunakan opsi berbayar, maka durasi yang didapatkan maksimal hingga 120 menit. 

8. Action!

Action! juga bisa dimasukkan dalam daftar aplikasi perekam video yang layak untuk dipilih. Aplikasi yang satu ini cukup mengesankan karena bisa melakukan streaming secara real time dan juga merekam video dengan kualitas HD. 

Tidak hanya itu, pada aplikasi ini, ada beragam fitur penunjang yang akan memudahkan proses perekaman layar. Kamu akan menemukan fitur screenshot yang memudahkan pengambilan gambar terutama ketika hendak membuat langkah tutorial. Selain itu, aplikasi ini menyediakan beberapa format penyimpanan video yang bisa dipilih mulai dari MP4, AVI dan lainnya.

9. WM Capture

Satu lagi aplikasi yang bisa dijadikan opsi tepat untuk merekam layar laptop adalah WM Capture. Aplikasi ini hadir dengan fitur yang unik yaitu adanya schedule recording atau jadwal perekaman. Dengan adanya fitur ini, maka kamu bisa mengatur jadwal kapan layar laptop tersebut akan mulai direkam.

Nah, dengan jadwal yang terencana, WM Capture akan berjalan secara otomatis. Kamu pun tidak perlu repot untuk menekan tombol rekam.

Bukan hanya itu saja , WM Capture juga menyediakan fitur menarik lainnya seperti merekam bagian layar tertentu, memilih berbagai format video yang tersedia dan lainnya.

Baca juga: Laptop Bisnis Terbaik Untuk Usaha

Nah, beberapa aplikasi di atas bisa menjadi pilihan yang tepat ketika kamu hendak menggunakan aplikasi perekam layar laptop. Bandingkan beberapa aplikasi tersebut dan pilih mana yang menurut kamu paling pas untuk digunakan. 

Pastikan juga untuk mempertimbangkan opsi gratis dan berbayar untuk mendapatkan fitur sesuai kebutuhan.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.