Apa Saja Penggunaan Cryptocurrency di Indonesia?

Apa Saja Penggunaan Cryptocurrency

Thecronutproject.com – Dalam dua tahun terakhir ini, cryptocurrency atau mata uang kripto semakin populer saja di Indonesia.

Mata uang kripto dianggap sebagai hal baru yang sedang trending, jadi semakin banyak yang penasaran dan ingin mencoba bertransaksi dengan uang kripto ini agar tidak ketinggalan.

Cryptocurrency sendiri merupakan mata uang digital yang terenskripsi dengan kriptografi. Jadi, keamanannya lebih terjamin karena tidak dapat dipalsukan.

Mata uang kripto juga nilainya tidak tergantung pada kebijakan pemerintah yang berlaku selayaknya mata uang konvensional. Hal inilah yang salah satu hal kontra yang menyebabkan mata uang kripto belum dapat digunakan untuk transaksi secara luas di Indonesia.

Peraturan Bank Indonesia No. 11/12/PBI/2009 mengenai uang elektronik menyebutkan bahwa uang elektronik dapat berfungsi sebagai alat pembayaran hanya jika dapat disetor dalam bentuk rupiah. Mata uang kripto tentu saja tidak memenuhi syarat ini.

Apa Saja Penggunaan Cryptocurrency?

Masa Depan Cryptocurrency

Namun jika tidak dapat digunakan untuk banyak transaksi, apa saja penggunaan mata uang kripto saat ini di Indonesia?

1. Mata uang kripto masih dapat digunakan untuk transaksi tertentu

Di beberapa negara, mata uang kripto telah dapat digunakan sebagai salah satu metode pembayaran saat membeli barang secara online. Di Indonesia, transaksi dengan mata uang kripto memang belum seluas itu, tapi bukan berarti tidak ada sama sekali.

Cryptocurrency juga bisa digunakan sebagai alat pembayaran pada transaksi internasional. Misalnya pada transaksi jual beli yang melibatkan klien dari luar negeri.

Transaksi internasional dengan mata uang kripto memiliki beberapa kelebihan, diantaranya proses yang lebih cepat dan aman, serta biaya yang lebih murah.

Baca juga: 5 Teknologi Digital ini Akan Mengubah Indonesia dan Dunia

2. Sebagai alat investasi

Berdasarkan Peraturan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi atau Bappebti no. 5 tahun 2019, cryptocurrency dapat diperdagangkan di Indonesia sebagai komoditas atau aset. Hal ini menunjukkan bahwa berinvestasi dengan mata uang kripto dapat dilakukan dan legal di Indonesia.

Cryptocurrency bisa menjadi salah satu alat untuk bertransaksi pada game online tertentu, misalnya permainan betting online yang dapat diakses dengan mengklik W88 login. Di sini, pemain dapat melakukan deposit dan menarik saldo dari akunnya dalam bentuk mata uang kripto.

Prinsip berinvestasi dengan mata uang kripto prinsipnya kurang lebih sama dengan investasi lainnya. Nilai mata uang kripto selalu berubah-ubah. Jadi dengan memiliki atau menjual mata uang kripto tertentu pada saat yang tepat dapat memberikan keuntungan yang sangat besar.

Berinvestasi dengan mata uang kripto sendiri memiliki beberapa keunggulan, diantaranya:

  • Memakai sistem online yang mudah dan praktis. Untuk memulai investasi dengan kripto dapat dilakukan hanya dengan smartphone dari mana saja.
  • Memiliki aset dalam bentuk mata uang kripto akan terlindungi dari inflasi mata uang. Selain aman dari inflasi, mata uang kripto juga sangat mudah dan cepat untuk dicairkan. Proses transfer mata uang kripto dari dompet kripto ke rekening bank dalam bentuk rupiah hanya akan memakan waktu beberapa jam saja.
  • Dapat mengubah mata uang dengan mudah. Saat ini ada banyak sekali pilihan mata uang kripto yang beredar. Berinvestasi dengan kripto memiliki kemudahan dalam mengubah mata uang yang ingin disimpan untuk berinvestasi.
  • Keamanan yang lebih terjamin. Transaksi dengan kripto juga lebih aman, karena terlindungi oleh kode enkripsi.

Dengan semua kemudahan dan juga keamanan yang terjamin ini, semakin banyak yang tertarik ingin memiliki uang kripto atau menggunakan uang kripto untuk bertransaksi yang lebih aman dengan privasi yang lebih terjamin.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like