Apa Itu Rekber: Pengertian, Cara Kerja, dan Poin Krusialnya

Apa Itu Rekber
Apa itu rekber? Secara harfiah berasal dari kata ‘rekening bersama’. Nah, sebelum mencoba transaksi dengan metode ini, coba pahami hal-hal krusialnya dalam artikel ini.

Thecronutproject.com – Sering mendengar istilah rekber? Apa itu rekber? Apalagi di tahun 2015 meledak kasus rekber BlackPanda dengan kerugian yang tidak sedikit. Nah, kenapa sih hingga saat ini rekber masih banyak peminatnya?

Wah, banyak ya pertanyaan yang muncul terkait istilah rekber tersebut. Untuk itu, agar memahami apa dan bagaimana sistem ini bekerja, mari simak dalam ulasan di bawah ini.

Pengertian Rekber

Secara harfiah, rekber merupakan singkatan dari ‘rekening bersama’. Seiring berjalannya waktu, rekber lebih familiar daripada istilah aslinya.

Kemudian, ‘apa itu via rekber’ secara detailnya dapat bermakna sebagai sebuah ‘wadah terpercaya’ dari dua belah pihak yang hendak melakukan transaksi. Baik itu menggunakan fresh money atau bentuk virtual.

Kalau dalam dunia perbankan, rekber ini bisa disamakan dengan escrow service (ES) yang memang sudah dipakai sejak lama. Jadi, bukanlah hal baru meski istilah ini sempat viral akibat kasus di Kaskus tersebut di atas.

Lalu, bagaimana cara kerjanya? Mari amati simulasi yang akan dijelaskan di bawah ini.

Baca juga: 4 Bank Terbaik Untuk Menabung Yang Mudah dan Menguntungkan

Apa Itu Rekber Dan Bagaimana Caranya?

Ada banyak penjelasan terkait sistem dan cara kerja rekber ini. Akan tetapi, untuk lebih memahaminya, mari simak contoh berikut ini.

Naren, seorang penjual alat-alat produksi pakan ternak berlokasi di Jawa Timur.

Suatu hari, Mario, dia memiliki bisnis ternak sapi. Untuk efisiensi biaya pakan, dirinya berniat membuat pakan sendiri dan tertarik membeli mesin buatan Naren. Sayangnya, dia ada di Lampung. Untuk datang langsung, tentu tidak memungkinkan karena akan lebih besar biayanya.

Nah, karena Naren dan Mario ini tidak saling mengenal sebelumnya, tentu butuh pertimbangan lebih sebelum mentransfer uang untuk pembelian mesin. Demikian juga dengan Naren, tidak mungkin mengirim mesin tanpa ada pembayaran dari Mario terlebih dahulu.

Di sinilah peran pihak ketiga, yaitu rekber. Misalnya saja dia adalah Pak Yanto. Simulasinya begini:

  • Mario akan mentransfer uang sejumlah harga mesin milik Naren beserta biaya administrasi yang harus diberikan kepada Pak Yanto.
  • Naren akan mengirimkan mesin ke alamat Mario setelah mendapat informasi dari Pak Yanto jika Mario telah mentransfer uang.
  • Pak yanto akan mentransfer uang ke Naren, apabila Mario telah menerima paket mesinnya, dan mengecek kondisinya sesuai perjanjian di awal.

Rekber di sini berfungsi sebagai ‘penjaga keamanan transaksi jual dan beli secara online’. Entah lewat platform apa saja, rekber ini tetap netral.

Jadi, kalau ada pertanyaan apa itu rekber tokopedia? Kamu bisa menjawab sesuai contoh kasus di atas, dan di sini Tokopedia sebagai marketplace, bertindak sebagai rekber

Hal Penting Sebelum Pakai Rekber

Setelah memahami apa itu rekber dalam jual beli online, kamu bisa mencobanya sendiri agar proses transaksi bisa lebih aman. Hanya saja, mungkin ada sedikit keraguan yang muncul terkait rekber ini. Untuk itu, coba pahami hal-hal ini sebelum bertransaksi dengan rekber.

Cari tahu, siapa sosok yang menjadi rekber. Lihat rekam jejaknya, testimoni dan berbagi jejak digital lainnya. Di sini kamu bisa mengecek rekening yang dipakai apakah terdaftar sebagai rekening penipu, atau bisa juga mengecek nomornya di Get Contact untuk melihat si rekber tertandai sebagai siapa di dunia online.

Cek jumlah biaya administrasi yang ditarik oleh rekber. Jika secara prosentase memberatkan, kamu bisa meminta penjual atau pembeli ke marketplace besar seperti Shopee, Bukalapak atau lainnya.

Pertanyaan  apa itu transaksi rekber, telah mendapatkan jawaban lengkap melalui penjelasan di atas. Setelah itu, kamu sudah bisa melakukan transaksi rekber sendiri, atau jika berminat menjadi rekbernya, segera bangun branding agar orang percaya.

Demikianlah pembahasan mengenai apa itu rekber. Tetap ingat untuk menjunjung tinggi kepercayaan, lakukan transaksi secara transparan dan aman, agar semua nyaman. Selamat mencoba.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like