Apa itu Iklan Advertorial? Ini Definisi, Jenis dan Contohnya

Apa itu Iklan Advertorial
Istilah advertorial sendiri berasal dari kata advertising dan editorial. Berikut ini penjelasan tentang apa itu iklan advertorial, jenis dan contohnya.

Thecronutproject.com – Beriklan adalah kegiatan yang perlu dilakukan oleh pemilik usaha. Bukan hanya iklan fisik, tetapi iklan digital juga kini sangat penting. Salah satu iklan digital yang memberikan banyak pengaruh ialah iklan advertorial. Baru pertama kali mendengar istilah tersebut?

Nah, berikut kami jelaskan pengertian, fungsi, jenis beserta contohnya. Dengan begitu, kamu dapat mengetahui seperti apa itu iklan advertorial sebagai pertimbangan memilih iklan yang tepat bagi keberlangsungan bisnis.

Apa itu Iklan Advertorial?

Istilah advertorial sendiri berasal dari kata advertising dan editorial. Advertising atau periklanan merupakan presentasi materi yang disajikan secara persuasif melalui media massa untuk mengiklankan produk.

Sementara editorial merupakan pernyataan pendapat dari sikap resmi sebuah redaksi media tersebut. Bentuknya berupa artikel sehingga kerap diartikan sebagai iklan yang dikemas seperti berita.

Tujuan utama advertorial adalah untuk memperkenalkan sebuah produk perusahaan ke khalayak publik. Selain promosi, iklan bentuk ini dapat sekaligus menampilkan citra baik perusahaan.

Para pembaca berita advertorial kerap tidak menyadari bahwa mereka sedang membaca sebuah iklan. Karena alasan itulah banyak pelaku usaha memasukkan iklan ini dalam strategi pemasaran mereka. 

Mau mencari jasa iklan advertorial ke berbagai media nasional? The Cronut Project adalah salah satu vendor yang menawarkan jasa backlink media nasional murah, dan pilihan media yang variatif yang bisa digunakan untuk iklan advertorial.

Jenis Iklan Advertorial

Setelah mengetahui apa itu iklan advertorial, lantas di mana jenis iklan ini biasanya muncul?

Iklan advertorial dapat kamu temukan di majalah atau media massa dengan keterangan adv atau advertorial di bagian atas atau akhir artikel.

Untuk dapat memahaminya, berikut kami berikan potongan advertorial berdasarkan jenis iklan advertorial.

1. Advertorial Produk

Iklan berita tentang produk adalah yang paling banyak kita temui dalam keseharian. Topik yang dibahas adalah seputar produk yang akan dipasarkan. Mulai dari merek, kualitas, atau jenisnya.

Sebagai contoh, berikut adalah advertorial produk makanan.

“Bagi kamu pecinta bakso dan makanan pedas, wajib mencicipi makanan yang satu ini, yaitu Bakso Pedas Gila. Dari namanya saja terasa pedasnya membasahi mulut. Kamu bisa mencicipi makanan ini dengan mengunjungi Bakso AA 32 yang beralamat di Jl. Pasar Anyar, Jakarta Selatan. Selain rasa pedas yang jadi jaminan, harga makanan pun sangat ramah dan bersahabat.”

2. Advertorial Jasa

Sama halnya dengan produk, bedanya advertorial jasa membahas tentang jenis dan kualitas pelayanan yang ditawarkan perusahaan penyedia jasa. Kata-kata yang ditampilkan cenderung memuji, menjelaskan manfaat, serta mengajak audiens menggunakan jasa tersebut.

Di bawah ini merupakan contoh penggalan advertorial jasa dari Telkom.

“Disney+ merupakan salah satu layanan streaming hiburan yang menampilkan banyak film dan tayangan lain karya Disney. Pertama kali kemunculannya disambut antusias oleh masyarakat Indonesia sebab biaya aksesnya murah dengan menggunakan Telkom. Bahkan 2x lebih murah dari provider lain.”

Baca juga: 3 Media Untuk Mempromosikan Iklan yang Efisien & Efektif

3. Advertorial Korporat/Perusahaan/Pemerintah

Selain produk dan jasa, perusahaan kerap menjadi materi utama dari sebuah iklan advertorial. Topik yang dibahas seputar kegiatan yang dilakukan perusahaan atau pemerintah demi mengejar eksistensi.

Bedanya, advertorial pemerintahan selalu berkaitan dengan dampak kegiatan bagi masyarakat dan hal-hal lain seputar dukungan terhadap program pemerintah.

Berikut contoh dari advertorial perusahaan.

“Cara Jitu Pilih Mitra Logistik yang Tepat untuk Pelaku Usaha. Memilih mitra logistik terpercaya adalah kunci sukses berbisnis, terutama dalam menjaga loyalitas konsumen. Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih mitra bisnis. Pastikan kredibel, memenuhi SOP, dan memberikan tarif transparan. Para pebisnis bisa bermitra dengan Jagoan Express yang sudah berpengalaman sejak tahun 2017. Segera daftarkan bisnis di website jagoan-express.id/business-register.

Itulah informasi mengenai apa itu iklan advertorial. Dengan pengemasan iklan advertorial yang lebih menarik pembaca, kampanye produk pasti sukses.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like