Apa itu Dana Darurat? Ini Pengertian dan Manfaatnya

Dana darurat adalah
Apa yang dimaksud dengan dana darurat dan bagaimana cara mempersiapkannya? Berikut ini penjelasan mengenai pengertian dana darurat serta manfaat yang didapat.

Thecronutproject.com – Salah satu pengelolaan keuangan yang juga penting adalah disediakannya dana darurat dalam setiap pendapatan yang di dapat setiap bulannya.

Dana darurat adalah dana yang disimpan setiap bulannya yang bisa membantu seseorang saat memiliki kebutuhan finansial secara mendadak.

Penyediaan dana darurat pada kenyataannya merupakan suatu kebutuhan tertunda yang seharusnya sudah dipersiapkan setiap orang. Hal ini perlu dilakukan sebagai uang jaga bila sewaktu-waktu ada kejadian mendesak yang datang.

Lalu apa itu dana darurat? Berikut penjelasannya.

Apa yang Dimaksud Dana Darurat?

Dana darurat adalah uang disediakan atau bahkan disiapkan secara khusus dan  digunakan dalam keadaan mendesak. dimana dana ini dimaksudkan untuk keadaan yang darurat yang tidak bisa diatasi dengan menggunakan keuangan secara normal.

Dalam kehidupan pasti tidak akan ada seorangpun yang tahu apa yang akan terjadi kedepannya. Dalam keadaan yang tiba-tiba bisa saja uang akan menjadi sesuatu yang krusial bagi seseorang, karena itu memiliki tabungan yang disimpan secara khusus untuk keadaan mendadak sangatlah penting.

Lalu Berapa Dana Darurat yang Harus Disimpan?

Dalam pengelolaan dana darurat tentu saja tetap bergantung dari berapa banyak pendapatan dan pengeluaran yang dilakukan setiap bulannya. Selain itu dalam menyediakan atau menyimpan dana darurat sebenarnya juga akan tergantung dari jumlah tanggungan. 

Dana yang disimpan atau disediakan semakin besar bila jumlah tanggungan dalam suatu keluarga semakin banyak.

Hal ini dikarenakan setiap keadaan darurat dari masing-masing orang dalam suatu keluarga tidak pasti. Setiap anggota keluarga diharuskan memiliki persiapan dana darurat masing-masing dengan tujuan untuk berjaga-jaga atas keadaan darurat yang mungkin terjadi.

Cara Mempersiapkan Dana Darurat

Dana darurat adalah dana krusial yang harus setiap orang miliki, namun dalam menyiapkan dana darurat seseorang juga tidak boleh mengabaikan kebutuhan setiap harinya.

Memiliki rekening khusus adalah salah satu cara sederhana yang bisa dilakukan. Memiliki kedisiplinan dalam finansial juga penting dalam mempersiapkan dana darurat.

Selain itu mulai mengalokasikan dana dari penghasilan yang didapat setiap bulannya kemudian mulai menetapkan jumlah dana yang akan dialokasikan sebagai dana darurat.

Mengurangi pos-pos yang tidak begitu penting dan tentu saja mulai mengelola keuangan dengan disiplin dan ketat supaya dana darurat tetap bisa dialokasikan dengan baik.

Baca juga: Cara mendapatkan modal usaha tanpa riba

Manfaat Dana Darurat

Setelah mengetahui apa itu dana darurat dan cara mempersiapkan dana darurat, maka mengetahui manfaat dari menyimpan dana darurat adalah poin keempat yang harus diketahui.

Sudah bukan rahasia umum bahwa menabung adalah kegiatan yang memiliki banyak manfaat bagi kehidupan finansial di masa mendatang. Begitu juga dalam mempersiapkan dana darurat.

Dapat digunakan dalam keadaan mendesak dan genting adalah salah satu manfaat bila seseorang memiliki dana darurat. Misalnya adalah pada saat ada salah satu anggota keluarga yang sakit atau mungkin pada saat memiliki masalah finansial atau kehilangan pekerjaan. Selain itu dana darurat juga bisa membantu seseorang supaya tidak terlilit hutang.

Disiplin Dana Darurat

Memiliki kedisiplinan dalam masalah finansial adalah hal krusial yang harus dimiliki setiap orang. Seperti yang sempat disinggung di atas bahwa menyiapkan dana darurat juga harus memiliki kedisiplinan dan komitmen yang kuat. Menghindari penundaan dalam menyiapkan dana darurat adalah salah satu hal yang harus dilakukan.

Itulah tadi penjabaran secara singkat tentang apa itu dana darurat dan manfaat bagi setiap individu. Pengadaan dana darurat sangat penting sifatnya bagi setiap individu karena hal ini diperuntukan untuk keadaan mendesak yang tidak pernah diketahui kapan datangnya.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Penyebab kegagalan wirausaha
Read More

Penyebab Kegagalan Wirausaha

Mengetahui faktor penyebab kegagalan wirausaha sejak dini merupakan hal yang penting bagi para wirausahawan. Berikut ini faktor penyebab gagalnya berwirausaha