Mengenal Anggaran Dasar Perusahaan Serta Contohnya

Anggaran Dasar Perusahaan
Anggaran dasar perusahaan merupakan aspek esensial yang harus dimiliki guna kelancaran perusahaan. Simak penjelasan anggaran dasar perusahaan berikut ini.

Thecronutproject.com – Dalam suatu perusahaan, salah satu hal esensial yang wajib ada adalah anggaran dasar perusahaan. Keberadaan anggaran dasar tak pandang bulu, baik perusahaan berbentuk PT maupun perseorangan, aspek ini sama dibutuhkannya.

Menurut Prolegal.id, sebelum seseorang mendirikan suatu perusahaan, baiknya ia menyusun dokumen atau surat yang menyatakan pendirian serta berisikan komponen penting perusahaan tersebut.

Jika suatu perusahaan tidak menyusun anggaran dasar, data mengenai detail  perusahaan akan menjadi tak teratur dan bisa berpotensi menyebabkan kebingungan ke depannya.

Bagi kamu yang ingin mengetahui seluk-beluk anggaran dasar perusahaan, simak penjelasan detailnya berikut ini.

Definisi Anggaran Dasar Perusahaan

Anggaran dasar perusahaan bahasa inggrisnya adalah Article of Association.

Melansir Investopedia, anggaran dasar perusahaan adalah suatu set untuk identifikasi segala data perusahaan, seperti data penerbitan saham, pembayaran dividen, audit catatan keuangan, serta pemberian hak suara.

Dengan kata lain, anggaran dasar bisa kita anggap sebagai panduan bagi perusahaan berupa uraian metodologi untuk memperlancar penyelesaian tuntutan pekerjaan.

Selain itu, setiap substansi di dalam anggaran dasar harus transparan, dapat dimengerti, dan dapat dilaksanakan oleh para anggota yang terkait dengan perusahaan tersebut.

Komponen Anggaran Dasar

Anggaran dasar perusahaan dapat termasuk dalam kategori lengkap dan baik apabila memenuhi setidaknya seluruh komponen-komponen di bawah ini:

  1. Nama Dan Domisili Perusahaan

Nama perusahaan wajib berbeda dengan perusahaan lain untuk menghindari kerancuan dan hal-hal yang tidak diinginkan.

Lalu, alamat perusahaan harus tertulis lengkap serta benar-benar sesuai dengan lokasi perusahaan tersebut.

  1. Jangka Waktu Berdirinya Perusahaan

Jangka waktu di sini berarti tanggal awal mula berdiri hingga tanggal perkiraan berhentinya operasi perusahaan. 

  1. Maksud Dan Tujuan Kegiatan Usaha

Berisi tentang apa latar belakang pendirian perusahaan dan mengapa perusahaan tersebut berdiri.

  1. Modal Perusahaan

Penjelasan mengenai modal dasar dan modal harus tertulis secara detail nominalnya, nilai saham per lembarnya, jumlah persen modal dasarnya yang tersetor, serta siapa yang menyetorkannya.

  1. Saham Perusahaan

Umumnya, penjelasan mengenai saham tertulis dalam beberapa pasal yang berisi ketentuan dasar saham, surat saham, pengganti surat saham, daftar pemegang saham, pengalihan hak atas saham, serta daftar khusus.

  1. Direksi, Komisaris, Dan Rapat Umum Pemegang Saham Perusahaan

Poin ini berisi penjelasan mengenai detail seluk-beluk pemegang jabatan serta posisinya di suatu perusahaan.

  1. Penggunaan Laba Perusahaan

Mengatur mengenai detail laba perusahaan, prosedur pembagian laba, dan hal-hal terkait.

  1. Pembagian Dividen Perusahaan

Mengatur tentang pembagian dividen perusahaan, prosedur apabila dividen tidak terambil oleh para pemegang saham, dan hal-hal terkait.

  1. Perubahan Anggaran Dasar

Prosedur atas tindakan-tindakan penggabungan, peleburan, serta pengambilalihan usaha harus berdasarkan UU yang telah ada.

  1. Pengambilalihan, Peleburan, Dan Penggabungan Usaha

Prosedur atas tindakan-tindakan penggabungan, peleburan, serta pengambilalihan usaha harus sesuai dengan UU yang telah ada.

  1. Likuidasi Dan Pembubaran Usaha

Poin ini membahas lebih lanjut tentang prosedur mengenai tindakan terkait.

Jika komponen-komponen di atas telah tercantum di dalam dokumen anggaran dasar perusahaan, baik itu anggaran dasar perusahaan PT maupun perseorangan, maka anggaran dasar tersebut telah bisa dinyatakan lengkap dan memenuhi syarat.

Komponen di luar dari daftar di atas boleh dimasukkan, namun bersifat opsional.

Baca juga: Cara Membuat CV Perusahaan dan Syarat Lengkapnya

Contoh Anggaran Dasar Perusahaan

Setelah mengetahui definisi serta komponen-komponen penting yang ada dalam suatu anggaran perusahaan, baik itu berbentuk PT maupun milik perseorangan, mari bahas lebih lanjut mengenai contoh autentik anggaran dasar perusahaan berikut ini.

  1. Contoh Perusahaan Emtek

PT Elang Mahkota Teknologi Tbk, atau yang lebih terkenal dengan nama Emtek, memiliki anggaran dasar perusahaan yang dapat kamu akses secara terbuka di sini.

Jika kamu mengintip isi dokumen tersebut, maka akan terlihat kelengkapan komponen anggaran dasar perusahaan yang tersebut di atas.

Selain itu, komponen dalam dokumen anggaran dasar perusahaan Emtek juga  telah memenuhi persyaratan yang terdapat dalam Undang-undang Nomor 40 tahun 2007 mengenai PT.

Dokumen tersebut berisi total 28 pasal. Dokumen dibuka dengan Pasal 1 yaitu Nama dan Kedudukan serta ditutup dengan Pasal 28 yaitu Peraturan Penutup.

Kelengkapan komponen pada dokumen ini menunjukkan bahwa perusahaan tersebut telah well-prepared dalam mendirikan perusahaannya.

  1. Contoh Anggaran Perusahaan Astra Internasional

Serupa dengan Emtek, PT Astra International Tbk juga memiliki arsip anggaran dasar perusahaan yang dapat kamu akses secara terbuka di sini. Namun, dokumen tersebut merupakan dokumen tahun 2015 sehingga bisa jadi ada beberapa perubahan isi.

Selain itu, komponen dalam dokumen anggaran dasar perusahaan Astra International juga  telah memenuhi persyaratan yang terdapat dalam Undang-undang Nomor 40 tahun 2007 mengenai PT.

Dokumen tersebut berisi total 29 pasal. Dokumen dibuka dengan Pasal 1 yaitu Nama dan Kedudukan serta ditutup dengan Pasal 29 yaitu Ketentuan Lain-lain.

Nah, itu dia penjelasan mengenai definisi, tujuan, komponen, serta contoh anggaran dasar perusahaan.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like