Alat untuk Buka Usaha WiFi dengan Sistem Voucher

Alat untuk Buka Usaha WiFi
Apa saja alat untuk buka usaha wifi dengan sistem voucher? Sebelum memulai usaha ini ketahui dulu alat yang harus dibeli.

Thecronutproject.com – Membuka usaha wifi dengan sistem voucher bisa menjadi usaha sampingan yang menguntungkan. Untuk yang masih bingung apa saja alat untuk buka usaha wifi dengan sistem voucher bisa simak artikel berikut.

Kebutuhan internet kian masif di kalangan masyarakat. Bisa dikatakan, kebutuhan ini merambah ke berbagai aspek kehidupan. Mulai dari pekerjaan, kebutuhan anak belajar, berbelanja hingga hiburan streaming video dari rumah. 

Internet WiFi adalah solusi terbaik untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Hanya saja, bagi sebagian keluarga, biaya berlangganan WiFi masih dirasa mahal. Oleh sebab itu, banyak yang kemudian membeli voucher WiFi untuk mendapatkan jaringan internet sepuasnya tanpa harus keluar budget besar.

Fakta tersebut bisa menjadi peluang kamu untuk membangun usaha sampingan yang mudah dilakukan sekaligus menjanjikan keuntungan berkali-kali lipat dari modal. Kamu hanya perlu kemauan keras untuk mempelajari bagaimana memulai usaha ini. Tapi sebelum itu, persiapkan dulu alat-alatnya.

Alat untuk Buka Usaha WiFi Degan Sistem Voucher

Cara Membuat Voucher Wifi

Berikut daftar alat untuk buka usaha WiFi sistem voucher, lengkap dengan penjelasannya yang mudah dimengerti oleh pemula. 

1. Sebelum Beli Alat WiFi, Berlangganan Internet Unlimited Dulu

Menyediakan internet unlimited dengan kecepatan tinggi adalah yang persiapan utama agar bisnis kamu berjalan lancar. Bisa dibilang, inilah penentu kualitas WiFi di mata pelanggan kamu nantinya. 

Maka dari itu, pastikan kamu berlangganan internet unlimited melalui sebuah penyedia jasa internet/ISP (Internet Service Provider) terbaik. Beberapa diantaranya yang populer di Indonesia adalah Indihome, MyRepublic, Biznet, dan masih banyak lagi. 

Sebelum berlangganan, pastikan jaringan provider tersebut sudah tersedia di sekitar lokasimu. Caranya yakni dengan menelepon nomor CS resmi masing-masing provider. Kemudian, bandingkan harga yang paling sesuai dengan budget.

2. Mikrotik

Alat untuk buka usaha WiFi lain yang harus dipersiapkan adalah mikrotik, yaitu router yang membantu kamu mengelola jaringan dari ISP yang kemudian dibagi-bagi. Mulai dari kecepatan bandwidth internet, kode voucher dan lain sebagainya diatur di sistem alat ini.

Ada banyak tipe mikrotik yang dijual di pasaran. Jika masih baru dalam usaha ini, kamu tidak perlu membeli yang mahal. Cukup pilih mikrotik dengan pembagian 5-10 user saja.

3. WiFi Access Point

Selain mikrotik, usaha WiFi membutuhkan alat yang bernama WiFi access point (AP). Fungsinya adalah menyebarkan jaringan internet. 

Access point memiliki antena dan transceiver yang berperan untuk memancarkan dan menerima sinyal dari client server ataupun menuju client server. Agar dapat memancarkan sinyal Wi-Fi, access point bisa disambungkan ke perangkat keras seperti router, hub, atau switch melalui kabel ethernet.

4. PC/Laptop dan Printer

Selanjutnya yang tak kalah penting yaitu komputer sebagai pengendali dalam melakukan pengaturan. Pengelolaan kode voucher nantinya diatur melalui layar komputer. Hanya dengan sekali klik, kamu bisa menghasilkan ribuan kode voucher. 

Kemudian, siapkan printer sebagai alat untuk mencetak voucher yang sudah dibuat sebelumnya.

Baca juga: Peluang Usaha WiFi Koin, Perkiraan Modal & Cara Kerjanya

Perkiraan Modal Usaha WiFi

Dari keseluruhan alat untuk buka usaha WiFi yang sudah disebutkan sebelumnya, dapat disimpulkan jumlah modal yang harus dipersiapkan antara lain sebagai berikut:

  • ISP/sumber internet: Rp 300 ribuan
  • Mikrotik: Rp 800 ribuan
  • WiFi Access Point: Rp 140-170 ribuan
  • PC: Rp 1 jutaan
  • Printer: Rp 700 ribuan
  • Total modal buka usaha WiFi yaitu sekitar Rp 2,9-3 jutaan

Alternatif Termudah dan Praktis Buka Usaha WiFi

Tidak perlu khawatir jika kamu tidak pernah bergelut di bidang usaha yang berkaitan dengan teknologi. Kini sudah banyak alternatif yang mempermudah pemula dalam menjalankan usaha WiFi voucher. Salah satunya dengan membeli paket usaha WiFi yang pengaturannya dapat diakses melalui smartphone Android. 

Paket tersebut bisa kamu beli melalui marketplace dengan harga mulai dari Rp1,5 jutaan. Jauh lebih murah dibanding harus setting sendiri dengan alat-alat yang dibeli secara terpisah. Harga tersebut sudah termasuk video tutorial sehingga bisa langsung dipakai untuk menjalankan usaha.

Mudah bukan menjalankan usaha WiFi? Selama kamu memiliki kemauan belajar, usaha ini dapat berjalan dengan lancar. Yuk beli dulu alat untuk buka usaha WiFi yang tadi sudah dijelaskan sebagai langkah awal memulai usaha ini. Kamu bisa membeli satuan atau paket yang praktis. Semoga usahamu lancar!

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like